Fabulous Choices for Stay in Europe Backpacker Trip #1


Dibanding kedua travelmateku, memang Aku yang paling cerewet menyeleksi pilihan menginap.. Iya donk karena prinsipnya tubuh kita harus dapat istirahat yang cukup dengan situasi dan kondisi penginapan yang nyaman, aman dan bersih (udah kayak slogan kota Adipura) selama backpacker trip.  Urusan harga itu adalah relatif mungkin pilihan tempat menginap di tulisan kali ini tidak efisien menurut sudut pandang sebagian backpacker dengan niat sangat low budget.  Tapi balik ke niat awal untuk dapat beristirahat dengan baik dan lingkungan yang nyaman masalah harga dapat menjadi pertimbangan setelahnya.

1. Hotel in Paris

Europe trip selama 14 hari ini kami awali dari kota Paris.  Karena beberapa perjalanan lokal dan ke negara berikutnya adalah melalui Paris Gare du Nord station, maka pilihan jatuh pada Grand Hotel Magenta yang hanya berjarak 240 meter dari Gare du Nord.  Berikut beberapa tips stalker ;-D untuk mengintip lokasi, situasi kondisi kandidat hotel :

From Gare du Nord station only takes 240 meter to Grand Magenta Hotel
From Gare du Nord station only takes 240 meter to Grand Magenta Hotel
Grang Magenta Hotel link advertising
Grang Magenta Hotel link advertising
129 boulevard de Magenta , 10. Gare du Nord Paris, 75010, France
129 boulevard de Magenta , 10. Gare du Nord
Paris, 75010, France
Bed room in Grand Magenta hotel
Bed room in Grand Magenta hotel
The bath room
The bath room
Window view from Grand Magenta Hotel Paris
Window view from Grand Magenta Hotel Paris
Ada restoran halal Maroko dekat Grand Magenta Hotel
Ada restoran halal Maroko dekat Grand Magenta Hotel
Street near hotel
Street near hotel
Enviroment near Grand Hotel Magenta. A lot of  nice cafe and restaurants.
Enviroment near Grand Hotel Magenta. A lot of nice cafe and restaurants.

2. Home at Almere

Dari Paris garis merah perjalanan ditarik ke Holland, kami menggunakan kereta untuk perjalanan Gare du Nord-Amsterdam Centraal. Di Holland kami mendapatkan hospitality yang sangat baik dan hangat dari seorang teman masa sekolah yang bertempat tinggal di Almere. Silaturahmi memang harus tetap dijalin kawan 🙂

Home in Almere
Home in Almere
Our Mom in Almere, Holland :)
Our Mom in Almere, Holland 🙂
Mom and Dad in Almere
Mom and Dad in Almere
Bitterballen homemade
Bitterballen homemade
Dinner in Almere
Dinner in Almere

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

3. Living House at Conca d Oro, Rome

Kami bertiga memutuskan untuk mencoba merasakan menyewa apartment. Trip di Italy memakan waktu paling lama dari perjalanan selama 2 minggu ini. Tiga hari akan kami habiskan di kota Rome. Website yang Aku pakai untuk mencari apartment http://www.airbnb.com dan http://www.housetrip.com Setelah mempertimbangkan beberapa pilihan akhirnya kami menjatuhkan pilihan dari http://www.housetrip.com pada sebuah unit apartment di daerah Conca d’Oro tepatnya di Via Valsesia, 22 bernama Livin’ Rome.

Livin' Rome map from Metro station Conca d' Oro
Livin’ Rome map from Metro station Conca d’ Oro
Metro line from Rome Termini to Conca d'Oro
Metro line from Rome Termini to Conca d’Oro
Street view near Livin' Rome
Street view near Livin’ Rome
Unit building apartment Livin' Rome gedung sebelah kanan. Pintu masuk apartment dari pagar hijau berkunci.
Unit building apartment Livin’ Rome gedung sebelah kanan. Pintu masuk apartment dari pagar hijau berkunci.

Apartment dengan dua kamar tidur dan tentunya foto yang diperlihatkan di web menunjukkan 2 buah tempat tidur masing-masing ukuran King & Queen size yang merupakan real bed bukan sofa. Tersedia pula 2 buah kamar mandi dengan satu bath up. Woww.. Living room yang besar, 2 buah ruang makan, dapur dengan kitchen set dan peralatan masak lengkap ditambah dengan mesin cuci. Yeayyy..sebenarnya apartment ini terlalu besar buat kami bertiga. Tapi harganya dibanding dengan kamar hotel yang fasilitasnya lebih terbatas jauh lebih murah. Sewa apartment Livin’ Rome pada tahun 2014 itu adalah 75EUR/hari kami bagi 3 berarti 25EUR/hari untuk per-orang :).

Near metro station Conca d' Oro
Near metro station Conca d’ Oro
Morning in Conca d'Oro
Morning in Conca d’Oro
Large living room
Large living room
Bed room interior Livin' Rome
Bed room interior Livin’ Rome
The real bed
The real bed
Clean toilet
Clean toilet
Bath up for relax
Bath up for relax
Livin' Rome Interior
Livin’ Rome Interior

Host Livin’Rome adalah langsung pemiliknya Mrs. Ada Mangianti seorang wanita yang baik hati dan sangat fluent berbahasa Inggris. Beliau tinggal di daerah agak keluar kota hanya menemui kami pada saat check in dan check out. Update informasi apartement dan Italy tourism ini juga ada melalui Fanpage Livin’ Rome di  Facebook.

Welcome drink and flower in Livin' Rome
Welcome drink and flower in Livin’ Rome

Beberapa hal yang perlu dicermati ketika memilih unit apartment, rumah atau vila untuk disewa adalah:

  1. Jika kita menggunakan transportasi umum, lokasi rumah tinggal sewa harus dengan sarana transportasi umum seperti stasiun, terminal bus.
  2. Cermati ketersediaan jumlah kamar dan tempat tidur sesuai dengan jumlah orang yang akan menginap. Biasanya Aku harus mendapatkan real bed bukan sofa atau extra bed alias kasur gelar. Kalau bukan real bed lebih baik pilih tinggal di hotel.
  3. Aku lebih senang menyewa rumah yang pisah dari pemiliknya. Lebih bebas untuk pulang malam ;-D lebih aman juga gak was-was dengan siapa pemilik rumah sebenarnya. Tapi di web penyewaan rumah dan apartment pastinya pemiliknya memiliki persyaratan dan kredibilitas tinggi untuk dapat menjadi anggota web penyewaan property tersebut. Hanya sekedar mawas diri dan berjaga karena pernah membaca berita dari forum backpacker kita harus waspada tingkat tinggi dalam menyewa rumah tempat tinggal atau sistem berselancar di rumah orang lain alias sistem menumpang tempat tinggal.
  4. Alamat mudah dicari dari google map misalnya. Alamat harus jelas. Hindari berjalan terlalu jauh masuk ke dalam gang setelah turun dari metro terdekat.
  5. Perhatikan rating kepuasan pelanggan dan reviewnya. Dari gambar iklan di web yang dapat dilihat adalah ukuran luas rumah, kebersihan, lingkungan dan ke-PeWe-an (kenyamanan) dari unit propoerti tersebut. Pernah Aku membatalkan menyewa suatu unit apartment karena dari street view di Google Earth nampak daerah menuju apartment itu penuh dengan grafity yang lumayan kotor seperti lingkungan Bronx ;-D dan ternyata ada review yang mengeluhkan kebisingan dan kenyamanan.

Selamat browsing tempat tinggal buat ngeTrip yang PeWe (Nyaman) buat tempat istirahatmu selama Jalan-jalan…

Selanjutnya akan kulanjut posting untuk mencari hotel di Venice dan Switzerland 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Fabulous Choices for Stay in Europe Backpacker Trip #1

    1. Aku pilih yang ratenya 25-35euro permalam saja 🙂 itu dah cukup standar hotel bintang 1 lah..bersih dan nyaman dengan private bath room. Karena pas mau booking lihat harga dormitory juga 20-30euro permalam, 6 orang sekamar minimal, bunk bed, kamar mandi pasti di luar. Jalan ke stasiun ada yg 1 km..hehe..cape rasanya, harganya mirip2 kan 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s