Bateau Mouche Fly Boat on Seine


Jika kamu hanya punya waktu yang singkat mengunjungi kota cantik Paris pada kunjungan yang pertama, pasti ingin melihat semua landmark kota Paris yang terkenal. Sebut saja secara random mulai dari Menara Eiffel, Louvre museum, Hotel de Ville atau city hall di Paris sampai pulau kecil cantik di sungai Seine Ile de la cite yang merupakan salah satu pemukiman tertua di kota Paris yang dibangun pada abad ke-3 sebelum masehi.  Jangan kuatir dengan waktu yang terbatas dengan berpesiar di sungai Seine, hampir separuh dari landmark kota Paris itu dapat disapu pandang dalam waktu kurang dari satu jam.

Begitu kita mendarat di Charles de Gaulle airport yang berjarak 25 KM dari kota Paris, sudah banyak promo berupa light poster di dinding bertuliskan Bateaux Mouches Seine Excursion atau Explore Paris.  Bateau Mouche sendiri berarti “Fly Boat” dalam bahasa Perancis, dapat diambil maknanya secara harfiah karena dalam waktu yang singkat pesiar di sungai Seine sudah mendapatkan banyak spot landmark terkenal kota Paris. Bateaux Mouches sendiri adalah salah satu nama perusahaan yang pertama dan paling tua menyediakan perjalanan pesiar di sungai Seine ini sejak 1949. Port keberangkatan Bateaux Mouches dari jembatan atau Pont de l’Alma. Ada beberapa perusahaan operator boat Seine lainnya seperti Vedettes du Pont Neuf yang terletak dekat Ile de La Cite tepat di bawah jembatan Pont Neuf. Waktu itu yang Aku ambil untuk pesiar Seine secara tak sengaja kudapatkan karena tengah berjalan menyusuri Seine dan menemukan lokasi untuk foto di depan menara Eiffel dengan jarak yang dekat dan begitu melihat ke arah depan dari Eiffel sudah ada port untuk pesiar Seine dengan boat.

Harga tiket boat untuk sekali pesiar tidak terlalu mahal, rata-rata setiap perusahaan boat mengenakan tarif 13 Euro untuk satu orang dewasa. Waktu pesiar mendekati 1 jam dengan jalue mengelilingi Seine dan kembali ke port asal. Perusahaan boat lainnya Bateaux Parisien dan  Vedettes de Paris yang berangkat dari port dekat menara Eiffel. Waktu itu kami akhirnya menggunakan Vedettes de Paris yang paling dekat dengan daerah yang kami lewati sore itu.

Bateaux Mouches Cruise

Ada lagi alternatif pilihan untuk moda transportasi melalui Seine yaitu Batobus yang berhenti di 8 point sepanjanng perputaran sungai Seine dekat distrik dan monumen utama di Paris diantaranya tempat wisata yang banyak menjadi tujuan turis seperti Eiffel Tower, Musée d’Orsay, St-Germain-des-Prés, Notre-Dame, Jardin des Plantes/Cité de la Mode et du Design, Hôtel-de-ville, Louvre and Champs-Élysées.

Udara di bulan Mei di kota Paris masih terasa cukup dingin, orang-orang masih menggunakan jaket winter yang tidak terlalu tebal dan jaket musim seminya untuk menghalau angin dingin sore itu di atas dek boat tour Seine.

Sesaat cuaca cerah dan sesaat terlihat mendung menggelayut. Lengkungan pelangi sore itu menghiasi langit kota Paris begitu boat melewati Pont Alexandre III seolah satu kaki pelangi berdiri di sisian Seine dekat Concorde dan satu kaki di sisian Seine lainnya di Musee d’Orsay.

Advertisements

6 thoughts on “Bateau Mouche Fly Boat on Seine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s